Cara Mudah Mengatasi Perut Kembung

Sering diabaikan karena dianggap menghilang dengan sendirinya, tetapi faktanya perut kembung dapat sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Sebenarnya, ada banyak cara sederhana untuk mengatasi perut kembung. Keluhan tentang perut kembung atau pada obat yang dikenal sebagai meteorisme adalah gejala yang menunjukkan adanya udara atau gas di rongga perut atau usus. Kondisi ini bisa dialami di segala usia, mulai dari bayi hingga orang tua. Perut kembung bisa menjadi satu keluhan atau bisa disertai dengan gejala lain seperti mulas, mual, muntah atau sakit perut. Jalannya keluhan ini cukup sulit ditentukan. Ada indikasi bahwa perut kembung dikaitkan dengan hipersensitivitas usus, penumpukan gas atau aktivitas bakteri usus.

Minum Air
Air dapat menghilangkan limbah dari sistem pencernaan dan memindahkan usus jika Anda mengalami sembelit atau sembelit. Air panas memiliki efek vasodilator, pelebaran pembuluh darah dan merangsang aliran darah ke usus, sehingga mendukung proses pencernaan. Selain itu, air minum membantu membersihkan usus untuk mencegah perut kembung.

Makan lebih banyak serat
Dia merekomendasikan makan makanan kaya serat seperti sayuran hijau, buah atau biji-bijian seperti gandum. Meski dianjurkan, tetapi jangan menambahkan terlalu banyak serat terlalu cepat, karena perasaan kembung hanya akan bertambah buruk. Tubuh membutuhkan waktu untuk terbiasa dengan asupan serat yang meningkat.

Kurangi makanan yang mengandung gas
Beberapa jenis makanan yang mengandung gas adalah kol, kembang kol, daun singkong, brokoli, pisang, kedon, buah kering dan nangka. Tidak dilarang, tetapi jangan mencoba mengonsumsi makanan berlebih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *