iPhone 11 Akan Segera Masuk Resmi Di Indonesia?

Kabar baik bagi penggemar iPhone Anda, sebuah kabar keluar baru-baru ini ketika Apple telah melaksanakan sertifikasi TKDN untuk iPhone 11, iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max series di Indonesia. Setelah pengujian diketahui apakah mereka telah mencapai sertifikasi. Sertifikasi Konten Domain (TKDN) adalah persyaratan bahwa produk elektronik seperti ponsel 4G harus mengandung setidaknya 30% komponennya yang diproduksi di Indonesia sehingga dapat dijual secara resmi dan diedarkan di Indonesia. Untuk kejelasan, Anda dapat membukanya melalui halaman TKDN dari Departemen Perindustrian, di mana halaman tersebut muncul sebagai PT. Apple Indonesia memenangkan sertifikasi pada 23 September dengan nomor sertifikat 387 / SJ-IND.8 / TKDN / 9/2019.

Alih-alih menggunakan saluran perangkat keras dan perangkat lunak seperti penyedia telepon seluler lainnya, Apple justru menggunakan jalur investasi untuk memenuhi persyaratan TKDN. Sejauh ini, tidak jelas kapan Apple akan datang dan memasarkan seri iPhone 11, iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max mereka di Indonesia, karena mereka saat ini menjualnya ke sejumlah negara terbatas. Tetapi ketika kita melihat ke belakang, seperti ketika kita meluncurkan seri iPhone XR dan XS, ada kemungkinan bahwa mereka akan mengunjungi Indonesia dari akhir Desember tahun ini atau awal tahun depan.

Saat ini, harga varian iPhone 11 di Amerika adalah sekitar US $ 699 (Rp. 9,8 juta) untuk versi termurah, iPhone 11 Pro 999 US (US $ 14 juta) dan iPhone 11 Pro Max US $ 1.099 (AS). $ 15,4 juta). Tentu saja harga di atas adalah harga di Amerika dan akan berbeda jika sudah masuk ke Indonesia karena pajak dan lainnya. Sebagai perbandingan: harga termurah untuk iPhone XR di Amerika adalah 749 dolar AS (10,7 juta pada kurs saat ini), tetapi di Indonesia dijual dengan harga 15,2 juta Rp.

Indikasinya adalah bahwa ketiga unit tersebut telah memperoleh sertifikat TKDN untuk tingkat komponen domestik Kementerian Perindustrian. Mengacu pada halaman TKDN dari Kementerian Perindustrian, PT. Apple Indonesia memenangkan sertifikasi pada 23 September dengan nomor sertifikat 387 / SJ-IND.8 / TKDN / 9/2019. Baik iPhone 11, iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max keduanya mencetak 30 persen, angka terendah yang mencapai sertifikasi TKDN. 30% TKDN adalah salah satu syarat yang harus dipenuhi sebelum produk ponsel 4G dapat dijual di Indonesia.

Apple dikenal membuat komitmen investasi untuk memenuhi persyaratan TKDN daripada perangkat keras atau perangkat lunak seperti kebanyakan penyedia ponsel lainnya. Belum diketahui, trio iPhone 11 ini dijual di Indonesia. Berdasarkan peluncuran iPhone XS dan XR sebelumnya, ketiga iPhone kemungkinan akan menyambut para penggemar di negara ini sekitar pertengahan Desember. Di AS iPhone 11 termurah dijual dengan harga 699 dolar AS (Rp 9,8 juta), iPhone 11 Pro 999 dolar AS (Rp 14 juta), dan iPhone 11 Pro Max 1.099 dolar AS (Rp 15,4 juta). Mulai dari tahun sebelumnya, perbedaan harga Amerika dan Indonesia akan menjadi sekitar. 5 juta RP atau lebih. Sebagai perbandingan: harga termurah untuk iPhone XR di AS adalah 749 dolar AS (10,7 juta pada kurs saat ini) dan Rp dijual di Indonesia. 15,2 juta.

IPhone XS dijual seharga $ 999 (Rp14,3 juta dengan kurs saat ini) dan dijual seharga RP. 20,5 juta di Indonesia, sedangkan iPhone XS Max dijual seharga US $ 1.099 (kemudian Rp. 15,8 juta), dijual seharga Rp. 22,5 juta di negara ini. Bagaimana dengan trio iPhone 11? Kami sedang menunggu perkembangan selanjutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *