Melihat Sepakbola dari Wikipedia

Siapa pencetak gol pertama Liga Premier? Kapan Ali He melakukan debut di sepakbola profesional? Berapa banyak topi David Ginola dengan tim nasional Prancis? Kapan Persis Solo? Di mana final Piala Winner pada 1980? Berdasarkan analisa bola288 jawaban untuk semua pertanyaan ini biasanya dapat ditemukan di salah satu situs terlaris kami: Wikipedia. Wikipedia masih menjadi salah satu referensi untuk semua jenis pertanyaan, dari artikel akademik hingga artikel di media biasa. Bruce Bartlett dalam bukunya The Truth Matters, yang disebut Wikipedia, adalah “hadiah nyata dari era internet”.

Sebelum ada Wikipedia – atau bahkan sebelum internet secara keseluruhan – tidak semua orang dapat menemukan informasi dasar seperti yang disebutkan dalam paragraf pertama artikel ini. Di masa lalu, mungkin saja informasi seperti itu sulit ditemukan di perpustakaan, leksikon di rak buku (yang sudah ketinggalan zaman) atau bahkan mengirim surat pembaca ke majalah gosip seperti Bola. Sekarang salah satunya adalah Wikipedia, semuanya sederhana. Menurut Alexa, pada awal 2019 berada di tempat kelima di situs yang paling banyak dikunjungi dari Google, YouTube, Facebook dan Baidu. Wikipedia ada di mana-mana di Twitter, Instagram, Netflix, dan bahkan Pornhub.

Pertanyaannya, apakah itu menyangkut artikel yang berhubungan dengan sepak bola atau tidak: bisakah kita selalu mempercayai Wikipedia? Wikipedia didirikan pada 15 Januari 2001 oleh Jimmy Wales dan Larry Sanger. Sebelum mereka mendirikan Wikipedia, mereka berdua terlibat dalam proyek bernama Nupedia. Tetapi proyek itu gagal. Mereka kemudian datang dengan formula baru untuk persiapan ensiklopedia online, di mana setiap orang dapat mengedit artikel di dalamnya. Ini mendukung pembuatan Wikipedia, yang hingga saat ini dianggap sebagai kolaborasi terbaik dalam sains manusia, karena ia memiliki lebih dari 5,7 juta artikel dalam bahasa Inggris (dan jutaan lainnya dalam bahasa lain, termasuk Indonesia).

Tentu saja, dengan siapa saja yang bisa menjadi editor, banyak artikel Wikipedia dipengaruhi oleh vandalisme. Tetapi Wikipedia memiliki tulang yang dapat mendeteksi vandalisme. Ada lebih dari 17.000 pengguna aktif yang juga bertindak sebagai editor khusus anti-perusakan. Namun vandalisme terkadang dapat berlanjut, bahkan jika itu hanya beberapa menit.

Seperti namanya, Wikipedia adalah leksikon. Wikipedia bukanlah editorial, surat kabar, atau jenis media lainnya. Leksikon di sini adalah wadah yang berisi fakta-fakta dasar, seperti yang ada di pengantar artikel ini, jawabannya adalah jawaban yang jelas. Mengenai pertanyaan yang jawabannya relatif (misalnya: “Apakah serangan terhadap sepakbola lebih baik daripada pertahanan?”), Tidak cocok untuk dicari di Wikipedia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *