Penyebab Umum Batu Kandung Kemih

Dalam artikel kali ini akan dibahas mengenai penyebab umum batu kandung kemih.  Secara umum kandung kemih adalah segumpal mineral keras yang berada pada kandung kemih. Batu kandung kemih terjadi jika Anda tidak mengosongkan kandung kemih atau buang air kecil secara tuntas, sehingga urin Anda menggumpal dan kemudian membentuk kristal mineral.

Jika Anda memiliki masalah dengan kandung kemih Anda harus segera mengatasinya, namun jika belum menderita kandung kemih, Anda harus mencegah terjadinya penyakit ini dengan beberapa cara.

Berikut ini adalah beberapa hal yang berkaitan dengan kandung kemih dan penyebab umum batu kandung kemih yang sering dialami oleh beberapa orang.

Pengertian Kandung Kemih

Batu kandung kemih atau yang biasa disebut dengan sebutan bladder calculi merupakan batu yang terbentuk akibat endapan mineral yang terdapat pada kandung kemih. Semua orang sebenarnya beresiko memiliki satu batu kandung kemih, namun pria yang berusia diatas 50 tahun beresiko lebih tinggi mengalami kandung kemih, terutama untuk pria yang mengalami pembesaran prostat.

Batu kandung kemih dapat menyumbat saluran urine dan bisa menyebabkan nyeri disaat buang air kecil, atau kesulitan berkemih dan tidak bisa berkemih sama sekali. Jika tidak segera ditangani, maka batu kandung kemih dapat berpotensi menyebabkan infeksi dan komplikasi. Penanganan batu kandung kemih biasanya memerlukan bantuan dari dokter. Namun terdapat jenis batu kandung kemih yang berukuran kecil dan bisa saja keluar bersamaan dengan urine.

Dan ternyata penyebab batu kandung kemih adalah terlalu banyak endapan mineral yang terdapat pada kandung kemih.

Penyebab Kandung Kemih

Berikut ini adalah penyebab umum batu kandung kemih dan penyebab yang jarang diketahui oleh banyak orang.

Kurang Minum Air Putih

Sepintas Anda pasti tahu bahwa bahaya kurang minum air putih adalah dehidrasi. Namun tidak hanya dehidrasi saja banyak hal yang dapat disebabkan ketika seseorang jarang minum air putih. Konsumsi air putih yang baik adalah 1 liter setiap harinya.

Banyak dari beberapa orang memiliki alasan sibuk dan tidak senang dengan air putih kemudian jarang minum air putih. Jika air putih yang dikonsumsi tidak sampai 1 liter setiap hari jangan heran jika gejala kencing batu terjadi. Banyak minum air putih mendatangkan banyak manfaat kesehatan, jadi tidak rugi untuk mengkonsumsi air putih.

Kurang Vitamin A

Kurang vitamin bisa menyebabkan salah satu pemicu dari timbulnya penyakit kencing batu. Vitamin A sangat diperlukan oleh tubuh dan Anda dapat memperoleh vitamin A dari banyak sumber makanan yang mengandung vitamin A. Bahkan suplemen banyak beredar sehingga lebih mudah mengkonsumsinya. Kelebihan vitamin B juga dapat memperburuk kondisi kencing batu.

Kurang Olahraga

Olahraga yang cukup sangat diperlukan untuk kesehatan tubuh, agar tubuh Anda selalu sehat, maka Anda harus menyiapkan jadwal untuk berolahraga. Minimal dalam sehari Anda meluangkan waktu untuk berolahraga beberapa menit. Anda bisa memulai olahraga tidak selalu dengan kegiatan-kegiatan umum olahraga namun dengan cara membereskan rumah dan masih banyak lagi.

Orang yang tidak pernah atau jarang berolahraga kemungkinan besar akan menderita penyakit salah satunya kencing batu. Kurang olahraga bisa memicu kencing batu.

Penyebab umum batu kandung kemih sudah dijelaskan diatas, jika Anda sudah paham mengenai kandung kemih dan faktor penyebab, maka Anda harus menghindari beberapa hal yang akan memicu timbulnya kandung kemih. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *